Perbedaan Antara Variabel Bebas Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian


Ketika kamu melakukan penelitian maka nantinya kamu akan dihadapkan dengan variabel variabel penelitian, yang tentunya harus kamu ketahui dan pahami agar dapat membantu kamu dalam memecahkan masalah ketika melakukan penelitian

Variabel yang dimaksud terdapat tiga macam yakni variabel bebas, variabel terikat dan terakhir adalah variabel kontrol. Ketiga variabel ini akan kamu temukan didalam penelitian nantinya.

Karena kamu diharuskan untuk dapat memahami mengenai ketiga variabel ini, oleh karena itu pelajarbelajar akan memberikan penjelasan dan perbedaan mengenai ketiga variabel ini tentunya beserta contohnya agar memudahkan kamu dalam memahami nantinya.

1. Variabel Bebas (Independen)
Variablel yang pertama adalah variabel bebas, pengertian dari variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat yang sengaja dibuat berbeda, atau variabel bebas adalah tipe variabel yang menjelaskan atau mempengaruhi variabel lain. Pastinya masih pada bingung kan ? nanti dicontoh pasti akan lebih jelas.

2. Variabel Terikat (Dependen)
Variabel yang kedua yakni variabel terikat, pengertian dari variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas, atau variabel terikat adalah tipe variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel bebas. Atau secara lebih plongnya variabel terikat adalah variabel yang tengah di amati atau di observasi.

3. Variabel Kontrol
Variabel yang terakhir yakni variabel kontrol, pengertian dari variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama untuk semua perlakuan, artinya variabel kontrol adalah variabel yang mengontrol keadaan atau variabel pembanding terhadap variabel yang ditelah di uji.

CONTOH
Pak guru meminta andi untuk melakukan percobaan terhadap kacang hijau dimana andi diminta untuk mencari tau pengaruh lama perendaman biji kacang hijau. Pada percobaan terdapat 5 gelas yang nantinya akan di isi dengan kacang hijau, namun pada gelas a,b,c,d di isi dengan air dengan takaran yang berbeda-beda, sedangkan gelas e tidak di isi dengan air, setelah itu biji kacang hijau yang berada dilima gelas itu dibiarkan selama 3 hari.

Jawaban
Variabel Bebas : Variabel bebas dari contoh diatas adalah lama perendaman biji kacang hijau
Variabel Terikat : Pertumbuhan biji kacang hijau pada gelas yang terisi air dan yang tidak terisi air
Variabel Kontrol : Variabel kontrolnya yakni biji kacang hijau yang berada di gelas e.

Itulah penjelasan singkat mengenai variabel bebas, terikat dan variabel kontrol dalam penelitian beserta dengan contohnya agar dapat membuat kamu mudah dalam memahaminya.

Artikel Terkait

Perbedaan Antara Variabel Bebas Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 comments