Macam Macam Bentuk Kebudayaan Yang Ada di Indonesia


Budaya yang ada di Indonesia sangat beragam yang hadir dalam berbagai bentuk yang tentunya memiliki karakterisitiknya tersendiri. Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga dengan kekayaan budaya yang kita miliki, dan tugas kita sebagai pelajar adalah melestarikan budaya kita agar tidak hilang atau bahkan direbut oleh negara lain.

Keberagamaan budaya yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor seperti faktor geografis setiap daerah yang berbeda-beda, agama, politik, ekonomi dan sebagainya. Perbedaan itulah yang menyebabkan terjadinya keberagamaan kebudayaan di Indonesia dimana kebudayaan masing-masing daerah memiliki karakteristiknya sendiri.

Lalu sebagai rakyat Indonesia, sudah kenalkah kamu dengan budaya-budaya yang ada di Indonesia ? berikut adalah macam-macam bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia

1. Rumah Adat
Rumah adat adalah salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia yang lahir dari seni bangunan atau arsitektur yang mana biasanya memiliki ciri khas khusus sesuai dengan daerahnya. Bentuk kebudayaan yang satu ini adalah salah satu budaya yang patut kita banggakan, keberagaman rumah adat yang ada di Indonesia ini tidak hanya memikat turis lokal, melainkan turis asing juga, hal ini karena keunikan dari budaya yang satu ini memang memiliki nilai yang diperhitungkan.

2. Pakaian Adat
Bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia lainnya adalah pakaian adat. Pakaian adat menjadi salah satu simbol yang membedakan suatu daerah dengan daerah lain, pakaian adat juga melambangkan karakter atau prinsip dari suku atau masyarakat daerah tertentu. Indonesia patut berbangga dengan budaya yang satu ini, bahkan pakaian adat yang kita miliki membuat mata dunia terpukau.

3. Upacara Adat
Budaya yang masih kental hingga saat ini pula yakni adalah upacara adat. Upacara adat memiliki tujuan yang kurang lebih sama yakni sebagai bentuk pemeriahan atau peringatan dan sebagainya. 

4. Seni Musik
Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki kebudayaan dalam seni musik yang sangat tinggi, dimana kamu pasti tidak akan bisa menghitung ada berapa banyak alat musik yang dimiliki Indonesia, hal ini akibat dari keberagamaan yang telah disebutkan diatas. Angklung, Gamelan sebut saja itu salah satunya, adalah alat musik yang bahkan negara lain mempelajarinya.

5. Seni Tari Tradisional
Dalam hal seni Indonesia tidak kalah karena Indonesia memang sangat kaya akibat adanya keberagamaan itu. Seni tari adalah salah satu budaya yang juga patut Indonesia banggakan, tari yang ada di Indonesia memang memiliki keunikan dan karakterisitik yang tinggi, dimata duniapun tari Indonesia sangatlah dihargai.

6. Seni Rupa Tradisional
Berbicara mengenai seni rupa, budaya yang ada di Indonesia sangatlah kental dengan seni yang satu ini, baik bangunan, lukisan, dan lain sebagainya Indonesia memilikinya.

7. Senjata Tradisional
Kebudayaan yang lahir dalam upaya melindungi diri ini menghasilkan sebuah hal yang tentunya sangat bernilai yakni senjata tradisional. Sebut saja keris, mandau kedua senjata itu adalah bentuk dari keberagamaan suku bangsa yang ada di Indonesia.

8. Bahasa Daerah
Dan kebudayaan terakhir yang merupakan keunggulan bangsa Indonesia adalah Bahasanya, dimana akibat dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia, Indonesia memiliki beratus-ratus bahasa yang berbeda-beda. 

Itulah kehebatan yang dimiliki Indonesia, dimana Indonesia memiliki budaya yang sangat banyak yang patut kita bangga dan harus kita jaga, keberagamaan lah yang menghasilkan semua itu, oleh karena itu jangan pernah menganggap keberagamaan adalah suatu hal yang buruk.

Artikel Terkait

Macam Macam Bentuk Kebudayaan Yang Ada di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

1 comments: