Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji (LENGKAP)


Artikel ini akan membahas secara lengkap dan jelas mengenai Klasifikasi dan Morfologi serta beberapa hal yang berkaitan lainnya dengan tanaman Jambu Biji. Berikut adalah klasifikasi dan morfologi jambu biji.

CIRI CIRI TANAMAN JAMBU BIJI

Secara umum jambu biji merupakan tanaman yang bisa tumbuh ditanah gembur maupun liat dan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika. Jambu biji dapat berbunga atau berbuah setiap tahunnya, tentunya kita sendiri tahu bagaimana nikmatnya buah yang dihasilkan oleh tanaman ini. Jambu biji sendiri memiliki beberapa spesies yang berbeda seperti guava atau jambu biji dengan daging berwarna merah dan lainnya. Jambu biji ini termasuk tanaman tropis. Itulah ciri-ciri jambu biji dan berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman jambu biji.

KLASIFIKASI JAMBU BIJI (Psidium guajava)

Klasifikasi tumbuhan jambu biji atau nama ilmiahnya yakni Psidium guajava yakni sebagai berikut

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Spermathophyta
SUB DIVISI : Angiospermae
KELAS : Dycotyledoneae
ORDO : Myrtales
FAMILI : Myrtaceae
GENUS : Psidium
SPESIES : Psidium guajava L.

Itulah klasifikasi tanaman jambu biji atau Psidium guajava dimana dapat kita ketahui bahwa jambu biji merupakan tanaman dikotil atau berbiji belah. Selanjutnya yakni morfologi jambu biji secara lengkap sebagai berikut.

MORFOLOGI JAMBU BIJI (Psidium guajava)

Morfologi Batang Jambu Biji

Jambu biji termasuk kedalam jenis tanaman perdu atau pohon kecil dimana jambu biji bisa memiliki pohon dengan tinggi sekitar 2-10 meter. Karena termasuk tanaman dikotil jambu biji memiliki batang yang berkayu dan tentunya keras serta kulit batang yang licin dan berwarna coklat kehijauan.

Morfologi Daun Jambu Biji

Jambu biji memiliki daun yang termasuk kedalam daun tunggal, dan juga termasuk kedalam jenis daun tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai dan helai daun saja atau disebut juga dengan daun bertangkai. 

Jambu biji memiliki tulang daun yang menyirip karena memiliki tulang punggung yang membentang dari pangkal sampai keujung daun. Bagian ujung daun jambu biji berbentuk tumpul dan bagian atas daun jambu biji memiliki warna yang jauh lebih terang dibandingkan bagian bawahnya.

Morfologi Buah Jambu Biji

Jambu biji memiliki buah yang berukuran seperti bola tenis dan tentunya berbentuk bulat, namun dalam beberapa spesies jambu biji ada yang memiliki buah yang kecil seperti bola pingpong dan sangat besar melebihi bola tenis. Daging buah jambu biji sendiri dapat dikatakan tebal dimana daging buah itu akan bertekstur lunak apabila buah sudah matang.

Mengenai biji, jambu biji memiliki biji yang banyak berkumpul dibagian tengah dan ditutupi oleh daging buah. Ukuran biji jambu lumayan kecil seperti butiran pernak pernik gelang dan memiliki warna kuning kecoklatan.

TAMBAHAN


Tentunya jambu biji ini memiliki kandungan yang baik bagi makhluk hidup karena memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi serta baik untuk mencegah radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi pula. Dengan kandungan vitamin c yang tinggi jambu biji baik dalam hal menjaga daya tahan tubuh. Selain itu jambu biji juga memiliki khasiat lain yakni seperti sebagai anti diare, anti radang, peluruh haid serta penghenti perdarahan.


Itulah klasifikasi dan morfologi serta beberapa penjelasan lain mengenai tanaman bernama Jambu Biji atau Psidium guajava.

Artikel Terkait

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji (LENGKAP)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner