Proses Fermentasi Alkohol Disertai Gambar dan Penjelasan


Proses ferementasi adalah proses produksi energi dalam sel pada keadaan anaerobik atau tanpa oksigen, proses fermentasi alkohol ini erat hubungannya dengan respirasi anaerob, yakni proses respirasi yang tidak memerlukan oksigen. Respirasi anaerob ini dapat terjadi pada manusia dan hewan, respirasi ini berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh dengan cepat.

Karena nantinya kamu akan memperlajari mengenai proses fermentasi ketika masuk kedalam bab respirasi aerob dan anaerob, ada baiknya untuk mengetahui lebih dahulu seperti apa itu fermentasi alkohol dimana nanti pada bab itu pasti kamu akan mempelajari mengenai proses fermentasi alkohol.

Proses Fermentasi Alkohol

Fermentasi alkohol dibantu oleh organisme yang bernama khamir (Saccharomyces cereviceace) organisme ini bertugas dalam mengubah glukosa menjadi alkohol (etanol)

Pada prosesnya, fermentasi alkohol diawali dari pemecahan satu molekul glukosa menjadi dua molekul asam piruvat dimana pada proses ini terjai pembentukan 2 ATP dan 2 NADH. Kemudian dua asam piruvat yang merupakan hasil dari pemecahan satu glukosa itu diubah menjadi asetildehid dengan membebaskan CO2. Asetildehid tersebut diubah menjadi etanol dan NADH diubah menjadi NAD+ yang nantinya akan digunakan dalam proses glikolisis kembali.

Itulah proses fermentasi alkohol yang dilakukan oleh organisme bernama Khamir atau nama latinnya yakni saccharomyces cereviceace.

Artikel Terkait

Proses Fermentasi Alkohol Disertai Gambar dan Penjelasan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner