Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Talas (LENGKAP)


Tahukah kamu klasifikasi dari tanaman talas yang mungkin sering kamu jumpai disekitar lingkungan kamu ? atau tahukah bagaimana ciri-ciri dari tanaman talas ini. Disini kamu pastinya akan lebih dekat dengan tanaman talas yang termasuk kedalam tanaman herba karena pada artikel ini akan dibahas secara lengkap klasifikasi serta morfologi dan beberapa hal lain yang berhubungan dengan tanaman bernama talas ini.

Ciri-Ciri Talas

Mungkin ada dari kamu yang masih belum mengenal tanam yang satu ini padahal ternyata selama ini sering kamu jumpai, oleh karena itu kamu perlu tahu ciri-ciri dari tanaman talas agar nanti bisa mengenali yang manasih yang namanya tanaman talas.

Seperti yang sudah disinggung diatas, tanaman talas termasuk kedalam tanaman herba, tanaman ini memiliki tinggi sekitar 50 sampai 150 cm. Tanaman ini tergolong tanaman umbi-umbian dengan daun lebar berbentuk menyerupai tanda hati. Dalam pemanfaatannya tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kripik.

KLASIFIKASI TANAMAN TALAS

Nah jika tadi kamu sudah tau bagaimana sedikit gambaran dari tanaman talas, berikutnya kamu juga perlu mengenal klasifikasi dari tanaman talas yakni

KINGDOM : Plantae
DIVISI : Tracheophyta
KELAS : Magnoliopsida
ORDO : Alismatales
FAMILI : Araceae
GENUS : Colocasia schott
SPESIES : Colocasia esculenta (L.) schott

Nah itulah klasifikasi dari tanaman talas dimana tanaman ini termasuk kedalam tanaman magnoliopsida dengan nama spesiesnya yakni Colocasia esculenta (L.) Schott

MORFOLOGI TANAMAN TALAS

Setelah mengetahui ciri-ciri umum dan klasifikasi tanaman talas berikutnya kamu perlu mengetahui morfologi dari tanaman ini agar semakin mengenal lebih dalam dengan tanaman yang sering kita makan sebagai kripik ini.

Morfologi Akar Talas

Tanaman talas merupakan tanaman yang memiliki sistem perakaran serabut, dimana akar serabut yang dimiliki tanaman ini umumnya lebih dangkal dan tersusun oleh sekelompok akar adventif

Morfologi Batang Talas

Talas memiliki batang yang berukuran pendek dan batang tersebut terbungkus oleh pelepah daun. Batang talas tidak terletak diatas tanah seperti tanaman pada umumnya melainkan terletak didalam tanah berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan, batang inilah yang biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan kripik layaknya keripik kentang atau singkong. Batang talas tumbuh dengan arah tegak dan memiliki jarak antar ruas batang yang sangat sempit.

Morfologi Daun Talas

Nah jika tadi kamu sudah mengenal morfologi akar dan batang talas selanjutnya adalah bagian yang paling menonjol yakni daunnya. Tanaman talas memiliki daun lengkap karena adanya pelepah daun, tankai daun dah helai daun. Daun talas termasuk kedalam golongan daun tunggal. 

Pada helaian daun talas terdapat lapisan lilin yang membuat air akan jatuh tanpa meninggalkan sisa sedikitpun pada helai daun. Warna daun tentu saja berwarna hijau dengan ukuran 6 sampai 60 cm dan lebar sekitar 7 sampai 53 cm.

Tangkai daun memiliki tekstur yang lembut serta memiliki rongga yang membuat tanaman ini mampu beradaptasi dengan lingkungan yang tergenang air.

Morfologi Bunga Talas

Bunga pada tanaman talas tergolong menjadi bunga betina dan jantan dimana bunga betina terletak pada bagian bawah sedangkan bunga jantan teletak di bagian atas tanaman. Perbungaan tanaman ini terdiri atas tongkol, seludang dan tangkai. 

Nah itulah klasifikasi serta morfologi dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan tanaman talas yang sering kita temui dalam bentuk kripik layaknya kripik singkong dan kentang.

Artikel Terkait

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Talas (LENGKAP)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner