Kupas Tuntas Tari Baksa Kambang Asal Kalimantan Selatan


Kambang merupakan bahasa banjar dari Kembang, tari ini melambangkan keindahan layaknya keindahan yang dipancarkan oleh kembang, selain itu properti yang digunakan dalam tarian ini adalah kembang yang berada dikepala itulah salah satu alasan mengapa tari ini dinamai Baksa Kambang.

Jadi udah pada tau belum Tari Baksa Kambang asal kalimantan ini ?

Tari Baksa Kambang adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan dimana tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambut tamu. Tarian ini biasanya ditarikan oleh penari Wanita sebagai penari tunggal dan bisa juga berkelompok dengan syarat jumlah penarinya harus ganjil.

SEJARAH

Berbicara mengenai sejarah tarian ini, Tari Baksa Kambang dulunya hanya dipertontonkan dilingkungan kerajaan, dimana tari ini bertujuan untuk menyambut tamu-tamu agung yang datang berkunjung kekalimantan selatan. Seiring dengan berkembangnya zaman tarian ini sudah mulai dikenal dikalangan masyrakat umum, dan tarian ini mulai populer dimasyrakat ketika kerajaan banjar mulai membuka akses bagi masyarakat umum untuk menyaksikan.

BUSANA/PROPERTY


Mengenai busana yang dikenakan penari pada tarian ini, penari dibalut dengan pakaian khas tari baksa kambang ditambah dengan selendang agar membuat gerakan penari lebih mempesona saat menarikan tarian ini. Kemudian ciri khas dari busana tari baksa kambang adalah mahkota yang berada dikepala penari, makhkota itu disebut dengan gajah gemuling, mahkota itu dihiasi dengan dua kembang bogam ukuran kecil serta anyaman daun kelapa muda yang disebut dengan halilipan.

GERAKAN


Tarian baksa kambang menggambarkan tentang putri-putri atau remaja-remaja cantik yang sedang bermain ditaman bunga. Mereka memetik beberapa bungan dari taman dan merangkainya menjadi kembang bogam yang mereka bawa semabari menari dengan lemah gemulay.

Tarian baksa kembang ini sekarang banyak ditemui diacara-acara seperti pernikahan, atau acara adat lainnya.

Artikel Terkait

Kupas Tuntas Tari Baksa Kambang Asal Kalimantan Selatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner