Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Teratai (LENGKAP)


Artikel kali ini akan membahas secara tuntas dan lengkap mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman yang sering kita temui dikolam atau danau-danau yakni Teratai. Selain itu artikel ini juga akan membahas berbagai hal mengenai teratai agar kamu bisa lebih mengenal tanaman air satu ini. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman teratai

CIRI-CIRI UMUM TERATAI

Tanaman yang hidup di air ini merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman hias untuk menghiasi kolam, bunganya yang indah ketika bermekaran itulah yang menjadi daya tarik teratai ini. Terlihat seperti mengapung diatas air nyatanya akar teratai tumbuh dibawah air, sedangkan yang bisa kita lihat hanyalah daun dan bunganya saja yang mengambang diatas air.

Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari dataran asia dan tumbuh dikawasan berair atau kelembaban tinggi seperti rawa atau danau.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, teratai juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena kandungan yang ada pada tanaman ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang ada, hampir setiap organ tanamnya bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Secara lebih rinci berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman teratai.

KLASIFIKASI TANAMAN TERATAI

Sudah pada tau belum nama ilmiah dari tanaman teratai ? berikut adalah penjelasannya secara lebih rinci yakni mengenai klasifikasi teratai

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Strepthophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliosida
SUPER ORDO : Nymphaeanae
ORDO : Nymphaeales
FAMILI : Nymphaeaceae
GENUS : Nymphaea L
SPESIES : Nymphaea alba L

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan klasifikasi dari teratai baik dari famili ordo dan tentunya nama ilmiahnya yakni Nymphaea alba L. Selain klasifikasinya tentunya kamu juga harus mengetahui morfologi dari teratai ini juga, berikut adalah morfologi teratai.

MORFOLOGI TANAMAN TERATAI

Seperti apasih tanaman teratai itu secara lebih detail, bagaimana bagian daunnya, bagaimana bentuk akarnya, lalu seperti apa bunganya dan lain sebagainya bisa kamu ketahui dengan membaca morfologi teratai berikut

Morfologi Akar Teratai

Teratai memiliki akar yang berongga, dan akar teratai dapat dikatakan sebagai akar yang tidak sempurna karena tidak adanya bulu akar dan tudung akar seperti akar pada umumnya. Akar yang dimiliki teratai ini memiliki fungsi sebagai penopang atau jangkar bagi teratai agar dapat berdiam pada satu tempat di permukaan air.

Morfologi Daun Teratai

Setelah akar, teratai memiliki daun yang berbentuk bulat, lebar dan tipis yang memungkinkan teratai dapat mengapung diatas permukaan air. Permukaan daun teratai bagian atas berwarna hijau sedangkan pada bagian bawahnya berawarna keunguan dan memiliki tulang daun yang besar serta tulang duan kecil. Selain itu daun teratai juga memiliki lapisan khusus yang berfungsi untuk membersihkan diri dari kotoran. Mengenai ukurannya sendiri daun teratai memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai jenisnya, bahkan ada yang mampu membuat manusia bisa mengapung diatasnya.

Morfologi Batang Teratai

Lanjut pada bagian batang, batang teratai memiliki fungsi utama untuk menopang daun agar daun bisa mengapung diatas air dengan baik karena sebagian besar bagian batang teratai berada didalam air, sehingga batang teratai bisa menjadi penyeimbang bagi teratai untuk bisa mengambang diatas air. Karena teratai merupakan tanaman air, batang dari teratai memiliki ruang udara atau rongga yang fungsinya tentu saja untuk menunjang tanaman tersebut untuk tumbuh dikawasan air.

Morfologi Bunga Teratai

Dan organ yang menjadi daya tariknya yakni bagian bunga. Bunga pada teratai tumbuh pada bagian tangkai teratai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Warna dari bunga teratai memiliki warna yang khas dan indah dimana adanya gradasi warna yang membuat bunga terlihat cantik, seperti warna merah muda kemudian putih semakin keatasnya.

Itulah klasifikasi dan morfologi dari tanaman teratai atau tanaman dengan nama latin Nymphaea alba L. Tentunya dengan demikian kamu lebih mengenal tanaman cantik satu ini, sekian artikel mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kali ini.

Artikel Terkait

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Teratai (LENGKAP)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner