Penjelasan Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contoh


Seperti yang kamu ketahui, didalam ekosistem terdapat dua komponen utama yang saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai keseimbangan. Kedua komponen itu kita kenal dengan komponen biotik dan abiotik atau bahasa sederhananya yakni komponen hidup dan komponen tak hidup.

Tidak ada satupun makhluk hidup didunia ini yang bisa hidup sendirian tanpa adanya makhluk atau materi lain didunia ini, itulah hukum yang mendasari sebuah ekosistem.

Masih pada bingungkan apa itu komponen biotik dan komponen abiotik ? karena pelajar harus belajar yakan! jadi disini pelajarbelajar akan menjelaskan lebih lengkap mengenai komponen utama dalam ekosistem yakni biotik dan abiotik

A. Komponen Biotik
Seperti yang kamu ketahui diatas, maksud dari komponen biotik yakni komponen yang hidup meliputi manusia, hewan, mikroorganisme dan tumbuhan, asalkan memiliki ciri-ciri makhluk hidup maka ia dikatakan sebagai komponen Biotik

Adapun pembagian yang ada didalam komponen Biotik ini yakni ada tiga yaitu Konsumen, Produsen dan juga Dekomposer.

1. Konsumen
Organisme heterotrof atau disebut dengan konsumen ini adalah organisme yang membutuhkan energi yang berasal dari organisme lain dikarenakan mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan energinya sendiri, contohnya adalah manusia dan hewan yang merupakan karnivora, herbivora, dan omnivora.

2. Produsen
Organisme ini disebut juga dengan Autotrof dimana organisme ini dapat menghasilkan makanannya sendiri dengan bantuan dari komponen abiotik yang ada dialam, seperti pada tumbuhan yang melakukan fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari, air dan unsur lainnya.

3. Dekomposer
Organisme yang kita kenal dengan nama lain yakni pengurai ini adalah organisme yang merubah bahan-bahan organik dari organisme yang sudah mati menjadi senyawa anorganik melalui proses dekomposisi.

Ketiga hal diatas yakni konsumen, produsen dan juga pengurai mereka saling melakukan tmbal balik baik dengan sesama komponen biotik maupun dengan komponen abiotik, hal ini juga menimbulkan beberapa gejala alam yang kita kenal dengan rantai makanan, piramida makanan dan lain sebagainya.

B. Komponen Abiotik
Seperti yang sudah disinggung diatas, komponen Abiotik atau komponen tak hidup yang meliputi faktor fisik dan kimia, contohnya adalah air, udara cahaya matahari, tanah dan suhu. Dalam ekosistem komponen Abiotik sangat berperan bagi komponen biotik contohnya tadi cahaya matahari sangat diperlukan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

1. Air
Hampir sebagian besar bumi ini dipenuhi oleh air, dan air adalah komponen abiotik yang tentunya sangat vital bagi komponen biotik, dapat dikatakan semua makhluk hidup memerlukan air seperti tanaman untuk proses fotosintesis, manusia untuk mengganti cairan tubuh dan lain sebagainya.

2. Udara
Udara merupakan sekumpulan gas yang menyusun atmosfer bumi, sama halnya dengan air, udara juga memiliki peranan yang sangat vital bagi makhluk hidup khususnya makhluk hidup yang ada didarat seperti manusia yang membutuhkan oksigen yang terdapat diudara dan juga tumbuhan  yang membutuhkan karbon dioksida yang juga terdapat diudara.

3. Cahaya Matahari
Komponen abiotik yang satu ini juga menjadi komponen penting dalam ekosistem, baik manusia, hewan dan tentunya tumbuhan membutuhkan energi dari matahari seperti untuk menjemur, menghangatkan diri dan melakukan fotosintesis

4. Tanah
Tanah terbentuk melalui proses pelapukan batuan yang berlangsung sangat lama. Tanah juga memiliki peranan bagi organisme abiotik seperti sebagai media tumbuh bagi tanaman atau tempat mencari makan bagi organisme heterotrof.

5. Suhu
Walupun jarang diperhatikan, sebenarnya suhu juga mengambil andil yang besar dalam kehidupan organisme biotik contohnya saja tempat yang memiliki suhu dingin membuat hewan-hewan yang ada disana melakukan adaptasi seperti bulu mereka yang panjang dan tebal yang berguna untuk menghangatkan tubuh mereka

Itulah penjelasan mengenai komponen biotik dan abiotik dalam suatu sistem ekosistem dimana kedua komponen itu adalah sebuah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya.

Artikel Terkait

Penjelasan Komponen Biotik dan Abiotik Beserta Contoh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner