Macam Macam Komponen Penyusun Ekosistem


Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada satupun makhluk hidup yang bisa bertahan hidup sendiri didunia ini tanpa bergantung dengan makhluk hidup lainnya atau materi yang ada didunia ini. Coba kamu bayangkan jika didunia ini hanya ada tumbuhan dan tidak ada manusia ataupun hewan, maka tumbuhan tidak akan bisa bertahan hidup dikarenakan tumbuhan memerlukan CO2 atau karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia, begitu pula manusia, manusia juga bergantung dengan O2 atau oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman.

Oleh karena itu ekosistem adalah sebuah tatanan kehidupan yang terjadi akibat adanya timbal balik yang tidak dapat terpisahkan antar makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dalam ekosistem yang kamu ketahui, terdapat komponen-komponen penyusunnya yakni komponen Biotik dan Abiotik.

A. Komponen Biotik
Komponen biotik adalah komponen hidup yang ada didalam alam meliputi semua makhluk hidup yang ada dialam yakni tumbuhan, manusia dan hewan. Komponen biotik sendiri dibedakan lagi menjadi tiga macam yakni Konsumen, Produsen dan Dekomposer (Pengurai).

B. Komponen Abiotik
Kebalikan dari hidup, komponen Abiotik adalah komponen yang mati atau tidak hidup dialam, meliputi faktor fisik dan kimia. Contohnya Udara, Air, Cahaya Matahari, Tanah dan Suhu, komponen Abiotik ini juga sangat mempengaruhi jenis dan pola hidup komponen biotik dalam ekosistem

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kedua komponen utama dalam ekosistem ini kamu bisa membacanya disini

Itulah komponen yang ada atau yang menyusun suatu ekosistem atau tatanan kehidupan yang terjadi akibat dari timbal balik yang tidak dapat terpisahkan, hal ini menunjukan kedua komponen diatas sangatlah penting dan tidak bisa dihilangkan salah satunya.

Artikel Terkait

Macam Macam Komponen Penyusun Ekosistem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner