Ketahuilah Ciri Ciri Yang Ada Pada Makhluk Hidup


Seperti yang kita ketahui, dibumi ini setidaknya ada tiga kelompok makhluk yang dikatakan makhluk hidup yakni tumbuhan, hewan dan juga manusia. Selain dari tiga kelompok itu maka tidak bisa dikatakan sebagai makhluk hidup.

Lalu apakah kamu termasuk makhluk hidup ? atau apakah kucing kamu termasuk makhluk hidup ? dan apakah tanaman disekitar rumah kamu juga dikatakan sebagai makhluk hidup ? jawabannya pasti iyalah, hehehe.

Tapi yang perlu kamu ketahui adalah mengapa ketiga kelompok itu dikategorikan sebagai makhluk hidup ? mengapa kursi atau rumah atau laut atau matahari tidak dikatakan sebagai makhluk hidup ? sepertinya itulah pertanyaan yang lebih tepat.

Agar kamu dapat mengetahui makhluk itu termasuk makhluk hidup ketahuilah ciri-ciri yang pasti dimiliki semua makhluk hidup, berikut ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup.

1. Bernapas
Setiap makhluk yang dikatakan sebagai makhluk hidup pasti memiliki ciri-ciri ini yakni bernapas. Manusia, hewan bahkan tumbuhan mereka semua melakukan pernapasan dalam hidup mereka walaupun caranya berbeda-beda seperti manusia dengan hidungnya, ikan dengan insangnya, dan tumbuhan dengan daunnya, namun mereka semua melakukan kegiatan yang disebut bernapas.

2. Bergerak
Ciri selanjutnya yang ada pada makhluk hidup yakni bergerak. Setiap makhluk hidup didunia ini memiliki ciri seperti ini yakni bergerak, seperti manusia, harimau, gajah sapi dan lainnya dimana mereka menggunakan kaki sebagai alat gerak mereka. Lalu apakah tanaman tidak bergerak ? tanaman juga melakukan gerakan namun tidak seperti manusia dan hewan dimana mereka dapat melakukan perpindahan, pergerakan yang ada pada tanaman adalah seperti bertumbuh memanjang.

3. Menerima dan Menanggapi Rangsang
Setiap makhluk hidup dapat menerima dan menanggapi rangsang, contoh dari proses menerima dan menanggapi rangsang pada tumbuhan adalah seperti tanaman putri malu yang daunnya akan menutup ketika disentuh, dan pada manusia atau hewan yakni ketika tubuh terluka, maka otomatis kita akan menjerit. Itulah contoh dari proses menerima rangsang dan menanggapi rangsang.

4. Tumbuh dan Berkembang
Ciri berikutnya yang pasti ada pada setiap makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya terjadinya perubahan ukuran dan jumlah sel pada organisme, sedangkan berkembang artinya munculnya fungsi-fungsi organ dalam tubuh selama kehidupan organisme. Contoh tumbuhan mengalamami pertumbuhan adalah ketika bertambah tingginya tanaman, dan perkembangannya adalah ketika munculnya bunga.

5. Berkembang biak
Ciri selanjutnya yang pasti ada pada setiap makhluk hidup adalah berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk menjaga populasi mereka agar tidak mengalami kepunahan, tentunya cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-beda.

6. Memerlukan kebutuhan hidup
Ciri terakhir yang ada pada setiap makhluk hidup adalah memerlukan kebutuhan hidup, artinya setiap makhluk hidup memerlukan kebutuhan seperti makan, mandi, tidur dan lain sebagainya.

Itulah ciri-ciri yang ada pada makhluk hidup, keenam ciri itulah yang menandakan bahwa organisme itu dikatakan sebagai makhluk hidup.

Selain dari keenam ciri itu, makhluk hidup juga memiliki beberapa ciri lainnya seperti 
  • Melakukan metabolisme
  • Adaptasi
  • Regulasi
  • Ekskresi

Artikel Terkait

Ketahuilah Ciri Ciri Yang Ada Pada Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner