Pengertian Dari Keempat Fase Dalam Metamorfosis


Metamorfosis adalah tahapan perkembangan hewan yang melibatkan perubahan fisik/bentuk tubuh dengan melalui beberapa tahapan/fase antara lain fase telur, larva, kepompong hingga menjadi dewasa, tahapan itu disebut dengan metamorfosis.

Seperti yang sudah kamu tahu atau telah kamu pelajari metamorfosis dibagi menjadi dua macam yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, dimana beberapa hewan yang ada yang melalui metamorfosis sempurna dan ada pula yang tidak.

Selain itu hewan yang melakukan metamorfosis adalah kelompok serangga, amfibi, molusca, udang-udangan, echinodermata, dan tunicata.

Sebelum kita membahas mengenai fase yang ada dalam metamorfosis, sebelumnya sudah pada tau belum perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, seperti yang telah kita singgung diatas.


Perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak adalah terletak pada fase yang dilaluinya dimana metamorfosis sempurna melalui tahapan atau fase pupa dalam prosesnya.

Baiklah kita langsung saja masuk kedalam penjelasan mengenai fase-fase yang ada pada proses metamorfosis.

1. Telur
Telur adalah tahapan atau fase paling awal dalam proses metamorfosis, telur dihasilkan oleh induk betina yang nantinya akan dibuahi oleh jantannya. Ketika telur sudah menetas telur akan menjadi Nimfa atau larva

2. Larva/Nimfa
Pada fase ini, kita bisa mengetahui apakah metamorfosis yang ada pada hewan itu adalah metamorfosis sempurna atau tidak, apabila yang keluar saat telur menetas adalah Larva maka serangga itu termasuk kedalam serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, dan apabila telur yang menetas menjadi Nimfa maka serangga itu termasuk kedalam serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

3. Pupa/Kepompong
Apabila serangga itu mengalami metamorfosis sempurna, setelah fase larva, maka fase yang selanjutnya akan dilalui adalah fase kepompong.  Fase ini merupakan fase transisi dimana serangga yang mengalami fase ini tidak akan makan dalam waktu yang cukup lama, hingga waktunya tiba.

4. Imago/Dewasa
Setelah melalui rentetan fase diatas yakni mulai dari telur, larva, dan pupa, maka serangga akan sampai ke fase puncak yakni fase terakhir yang merupakan tahap dimana individu itu telah sampai ketahap dimana ia bisa membuahi atau bertelur.

Itulah tahapan atau fase yang ada dalam proses metamorfosis yang perlu kamu ketahui, dan tentunya setelah mengetahui ini pastikan agar kamu tidak ketukar lagi tahapan-tahapan metamorfosis sempurna dan tidak.

Artikel Terkait

Pengertian Dari Keempat Fase Dalam Metamorfosis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner