Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga (LENGKAP)


Artikel ini akan memberikan penjelasan kepada kamu mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman mangga serta penjelasan lainnya seperti ciri-ciri maupun manfaat atau khasiat dari tanaman mangga. Berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman mangga atau Mangifera indica.

Ciri Ciri Tanaman Mangga

Mangga adalah tanaman buah yang berasal dari India. Termasuk tanaman buah karena tanaman ini menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi oleh makhluk hidup. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman berbiji belah atau kita kenal dengan tanaman dikotil.

Selain buahnya tanaman ini juga memiliki bagian lain yang dapat dimanfaatkan seperti getah dan kulit batang dimana bisa digunakan sebagai obat tradisional.
Tentunya akan lebih baik jika kita mengenal lebih dalam mengenai tanaman mangga dengan mengetahui klasifikasi dan morfologinya.

KLASIFIKASI TANAMAN MANGGA (Mangifera indica)

Berikut adalah klasifikasi tanaman mangga yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kamu semuanya.

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Strepthophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermathophytina
KELAS : Magnioliosida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Sapindales
FAMILI : Anacardiaceae
GENUS : Mangifera L
SPESIES :  Mangifera indica L.

Itulah klasifikasi yang dimiliki tanaman mangga dimana dapat kita lihat bahwa tanaman mangga merupakan tanaman yang berada pada keluarga Anacardiaceae.

MORFOLOGI TANAMAN MANGGA (Mangifera indica L.)

Selain klasifikasinya anda juga perlu mengetahui morfologi tanaman yang satu ini sehingga dapat mengenal lebih dalam dengan tanaman mangga.

Morfologi Batang Mangga

Tanaman mangga memiliki batang kayu yang keras dimana memiliki kambium didalamnya dan juga kuat. Tanaman mangga memiliki percabangan ranting yang banyak dimana pada cabang-cabang tersebutlah tempat tumbuhnya daun yang membentuk seperti kubah, oval atau memanjang.

Batang mangga memiliki kulit yang kasar dan juga tebal serta memiliki warna coklat kehitam-hitaman. Tanaman ini bisa diperbanyak melalui perbanyakan generatif (melalui benih) dan bisa juga dengan vegetatif seperti dengan okulasi. Namun kelebihan dari perbanyakan dengan generatif yakni tanaman mangga akan tumbuh menjadi pohon yang kokoh dan kuat.

Morfologi Akar Mangga

Tanaman mangga memiliki sistem perakaran tunggang, dimana akar dari tanaman ini bisa mencapai 6 meter menembus didalam tanah demi mengapai persediaan air dan membuat pohon tumbuh dengan kokoh.

Morfologi Daun Mangga

Tanaman mangga merupakan tanaman yang memiliki daun tunggal dan termasuk daun tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai dan helai daun saja atau disebut dengan daun bertangkai.

Panjang dari daun mangga berkisar antara 8-40 cm serta lebar sekitar 1,25 - 12,50 cm. Bentuk daun mangga sendiri bervaiasi ada yang berbentuk seperti mata tombak, lonjong,segi empat, dan bulat atau oval.

Morfologi Bunga Mangga

Mangga memiliki bunga yang termasuk kedalam jenis bunga majemuk. Terdapat bunga jantan dan juga bunga hermaprodit (banci) pada tanaman mangga dimana pada satu rangkaian bunga proporsi bunga jantan lebih banyak. Kelopak dan Mahkota bunga berjumlah lima lembar, bakal buah tidak memiliki tangkai dan pada ujungnya terdapat putik.

Morfologi Buah Mangga

Buah mangga dikategorikan sebagai buah batu yang berdaging dengan panjang buah yang mencapai 30 cm. Bentuk dari buah mangga sendiri bervariasi ada yang berbentuk lonjong, bulat, oval atau pipih. Warna dari kulit buahnya pula bermacam-macam tergantung dari jenis buah mangga tersebut ada yang berwarna merah, hijau, kekuningan, oranye dan lainnya.

TAMBAHAN

Seperti yang kita ketahui tanaman mangga ini menghasilkan buah yang kita kenal dengan nama mangga dimana buah tersebut memiliki cita rasa yang enak namun juga mengandung kandungan yang baik bagi tubuh seperti kandungan vitamin c yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kandungan lainnya. Rutin mengkonsumsi buah mangga ini tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita.

Artikel Terkait

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga (LENGKAP)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner